profil

Visi
Berlandaskan kepedulian dan perspektif global serta nilai-nilai Kristiani, Prodi Sastra Inggris UK Petra menjadi center of excellence dalam bidang ilmu humaniora (bahasa-sastra-budaya Inggris) terapan di Indonesia.

Misi

Memajukan dan memberdayakan masyarakat sebagai pengejawantahan nilai-nilai Kristiani melalui:

  1. Kepedulian dalam ranah internal dan eksternal dengan implementasi keilmuan Bahasa dan Sastra Inggris.
  2. Wawasan global dalam wujud proses belajar-mengajar dengan kualitas yang bertaraf internasional, baik dari sisi sistem dan proses pendidikan, kegiatan penelitian dan publikasi ilmiah serta pengabdian kepada masyarakat dalam lingkup keilmuan bahasa dan sastra Inggris.
  3. Operasional kampus berbasis teknologi informasi sebagai infrastruktur dari sistem komunikasi dan informasi di Prodi Sastra Inggris.
  4. Peningkatan kualitas dan unggulan (excellence) dalam hal kepakaran (expertise), penelitian, maupun penyediaan fasilitas di lingkungan Prodi Sastra Inggris.
  5. Peningkatan efektivitas dan efisiensi dalam penyusunan maupun pelaksanaan program yang mengacu kepada kebutuhan operasional kegiatan di lingkup Prodi Sastra Inggris.

Mengapa Program Studi Sastra Inggris?
 
Keunggulan akademik dan kerjasama internasional
Sepanjang sejarahnya, Prodi Sastra Inggris UK Petra selalu menunjukkan keunggulan. Didirikan pada tahun 1961, kami merupakan program studi pertama di UK Petra. Di setiap periode akreditasi BAN-PT, kami senantiasa berusaha mencapai peringkat yang terbaik. Dengan jajaran pendidik yang berjumlah 21 orang serta alumni dari universitas luar negeri, kami telah memiliki lebih dari 2.000 lulusan yang bekerja di hampir setiap bidang profesi serta bisnis di dalam negeri maupun mancanegara. Selain itu, sebagian besar lulusan kami juga melanjutkan kuliah di kampus-kampus internasional kenamaan, dan banyak dari mereka mendapatkan beasiswa.

Kami paham pentingnya wawasan internasional bagi generasi muda. Karena itu kami telah lama membangun kerja sama dengan institusi-institusi luar negeri untuk memberikan pengalaman internasional bagi para mahasiswa kami. Rekanan kami di antaranya adalah Dongseo University (South Korea), Sophia University (Japan), International Christian University (Japan), Wenzao Ursuline University of Languages (Taiwan), dan Southern Cross University (Australia).

Orientasi profesional
Selain keterampilan bahasa dan akademis, prodi kami juga membekali mahasiswa dengan keterampilan profesional untuk karier mereka di masa datang melalui Professional Packages, yaitu Business English, Translation, Theatre & Film, dan English Language Teaching. Lulusan kami telah terbukti mampu bersaing dan berprestasi di bidang-bidang keprofesian sebagai berikut:

  • Perdagangan internasional/Perbankan
  • Periklanan
  • Pariwisata dan perhotelan
  • Penerjemahan
  • Media massa dan budaya
  • Penerbitan
  • Pendidikan/Pengajaran Bahasa Inggris

Suasana belajar yang menyenangkan
Tradisi keunggulan yang dimiliki Prodi Sastra Inggris tidak menjadikan kami prodi yang membosankan. Suasana menyenangkan adalah elemen yang penting di prodi ini, dan dihadirkan di dalam proses belajar-mengajar, berbagai fasilitas yang disediakan, serta kegiatan-kegiatan mahasiswa. Para pendidik kami menerapkan teknik-teknik pengajaran yang beragam, meliputi diskusi, pertunjukan, public speaking, permainan, dan studi ekskursi. Sebagian besar fasilitas belajar yang ada bersifat swalayan. Student Lounge memenuhi kebutuhan mahasiswa untuk belajar mandiri sesuai tingkat kemampuan mereka baik untuk bahasa Inggris maupun budaya terkait. Petra Little Theatre (PLT) menjadi wadah bagi para mahasiswa untuk mengasah kemampuan dan keterampilan mereka dalam pertunjukan teater profesional baik sebagai penulis naskah, aktor, sutradara, atau desainer.