Acara

23
Mar
2019
Touring production perdana Petra Little Theatre

Petra Little Theatre membawa A Story of Wounds hingga ke... Yogyakarta!

Pementasan dilakukan hanya sehari pada 23 Maret 2019 di Auditorium Driyarkara, Universitas Sanata Dharma. Pementasan ini juga menandai deklarasi English Performing Arts Consorsium in Indonesia (EPACI), di mana salah satu dari tujuh pendirinya adalah ECI UK Petra.

Doakan kami ya!

Baca lebih lanjut >
22
Mar
2019
Pelatihan Extensive Reading

E-biz kembali mengadakan pelatihan, dan kali ini adalah Extensive Reading.

Peserta akan diajak mengenali kiat-kiat untuk membuat kegiatan membaca menjadi lebih bermanfaat lagi untuk belajar bahasa Inggris. Yuk, belajar dari pakarnya!

Baca lebih lanjut >
27
Feb
2019
Dari E-biz: Tantangan Bikin Video!

Buat kamu yang hobi bikin video, E-biz punya lomba yang cocok untukmu!

Langsung cek syarat dan ketentuannya di sini ya!

Baca lebih lanjut >
23
Feb
2019
Pementasan Istimewa A Story of Wounds: 23 Feb 2019

Petra Little Theatre (PLT) menghadirkan kembali A Story of Wounds dalam suatu pementasan istimewa hanya untuk 1 malam!

Pementasan ini akan dilakukan di amphitheatre di gedung baru UK Petra dan mengusung konsep baru yang akan mereka bawa untuk tampil di Yogyakarta. Pementasan ini juga menandai upaya penggalangan dana PLT menuju Yogyakarta, menggaungkan isu kekerasan dalam rumah tangga di sana. Mari bersama dukung mereka!

Pemesanan tiket daring bisa dilakukan di sini

Baca lebih lanjut >
23
Feb
2019
Pelatihan: Penulisan naskah drama oleh Ken Mizusawa

Penulis naskah drama asal Selandia Baru dan dosen di National Institute of Education Singapore, Ken Mizusawa, datang untuk memberikan pelatihan penulisan naskah drama bagi para mahasiswa dan alumni Prodi Sastra Inggris baik ECI maupun E-biz.
Kita akan sama-sama belajar tentang menulis naskah drama untuk anak muda. 

Pelatihan ini hanya diperuntukkan bagi 30 peserta saja. Jika berminat, yuk segera daftar di sini!

Baca tentang Ken Mizusawa di sini.

Baca lebih lanjut >
21
Nov
2018
Pementasan Petra Little Theatre: A Story of Wounds

Saatnya pementasan Petra Little Theatre lagi!

Penasaran apa itu A Story of Wounds? Baca sinopsisnya di sini. Setelah itu, langsung pesan tiketnya!

Baca lebih lanjut >
09
Nov
2018
Australian Cultural and Literary Night

Untuk ketujuh kalinya, kami akan mengadakan Cultural and Literary Night! Tahun ini kami mengusung tema Australia. Acara ini mewadahi mahasiswa dan dosen untuk bersenang-senang bersama, sambil menikmati lagu, makanan, dan suasana pantai khas Australia!

Terima kasih untuk Mr. Chris Barnes, Consul-General Australia di Surabaya, yang telah mendukung acara ini, bahkan menyiapkan vegemite sandwich untuk pengunjung!

 

 

Baca lebih lanjut >
09
Nov
2018
Pemutaran film: ReelOzIndo! Australia + Indonesia Short Film Festival 2018

Kami kembali menghadirkan pemutaran film festival ReelOzIndo! yang tahun ini mengangkat tema Youth.

Acara akan dilaksanakan pada Jumat, 9 November, pukul 10.30-12.30 di studio Petra Little Theatre, gedung B lantai 2.

Yuk, mari menonton film-film buatan generasi muda Indonesia dan Australia!

Baca lebih lanjut >
27
Agu
2018
Onstage Festival 2018: Diversity in Harmony

Untuk HUT Indonesia tahun ini, Petra Little Theatre (PLT) mengadakan Onstage Festival 2018: Diversity in Harmony di Amphitheater Kampus Timur, UK Petra pada tanggal 27 Agustus. Sebanyak hampir 400 orang menyaksikan 6 pertunjukan teater bayangan menggunakan overhead projectors atau yang dipopulerkan dengan istilah Overhead Projectplay.

Setiap pertunjukan pada hari itu mengusung tema keberagaman bangsa Indonesia sebagai kekuatan untuk mewujudkan harmoni yang sesungguhnya. Kenyataan hidup berbangsa dan bernegara kita dalam tiga tahun terakhir membuat PLT merasa perlu untuk mengangkat tema ini.

Empat pertunjukan menghadirkan para finalis dari seleksi pelatihan Overhead Projectplay (SMP Muhammadiyah 3 Waru, SMP Muhammadiyah 2 Taman, SMA Kristen Gloria 1, SMA Kristen Gloria 2). Dua lainnya merupakan penampilan istimewa dari Petra Little Theatre sendiri dan mahasiswa kelas Theatrical Design, kelas tempat cikal bakal Overhead Projectplay di UK Petra.

Berdasarkan penilaian tim juri, terpilihlah tim dari SMA Kristen Gloria 2 sebagai Juara I. Sementara tim dari SMP Muhammadiyah 2 Taman dan SMA Kristen Gloria 1 secara berurutan menempati Juara II dan Juara III.

Selamat untuk seluruh pemenang! Dan terima kasih untuk semua yang telah hadir untuk merayakan keberagaman bangsa Indonesia!

 

 

Baca lebih lanjut >
02
Agu
2018
Pelatihan Overhead Projectplay

Akhirnya Petra Little Theatre mengadakan pelatihan Overhead Projectplay untuk siswa SMP, SMA, dan SMK setelah tertunda sejak Mei 2018.

Pelatihan diadakan pada 2 Agustus, 2018 sejak pukul 8 hingga 4 sore, di studio Petra Little Theatre.

Baca lebih lanjut >
06
Jun
2018
Pementasan Petra Little Theatre: Going Home

Kali ini Petra Little Theatre (PLT) menghadirkan karya satir yang diharapkan mampu menjadi sarana refleksi diri dan iman orang Kristen. "Going Home" merupakan karya ke-6 dari seri New Play Development PLT. Untuk sinopsis, langsung di sini.

Baca lebih lanjut >
18
Mei
2018
Overhead Projectplay Workshop: Road to Onstage Festival 2018

Menindaklanjuti kesuksesan Overhead Projectplay di akhir tahun 2017, Petra Little Theatre (PLT) berniat mengajak lebih banyak orang untuk memainkan teater bayangan menggunakan overhead projector (OHP).
Karena itu PLT mengadakan Overhead Projectplay Workshop untuk membuka kesempatan pelatihan bagi siswa SMP dan SMA untuk mempelajari seni ini, dan nantinya akan bersama-sama menampilkannya dalam Onstage Festival 2018.

Jika kamu tertarik, segera hubungi sekolahmu dan daftarkan timmu melalui Line Official Account Onstage Festival: @qoo6861b (Charaqua). Tersedia tempat untuk 20 tim pertama yang mendaftar dan satu sekolah hanya boleh mengirimkan 1 tim. Buruan ya!

CATATAN: Menimbang kondisi Surabaya pasca serangan bom di gereja-gereja dan imbasnya terhadap jadwal sekolah serta keberadaan libur Idul Fitri, maka pelatihan ini diundur hingga Agustus 2018.

Baca lebih lanjut >
08
Mei
2018
LOOW 6: The Fortitude

Language in the Online and Offline World (LOOW) merupakan konferensi duatahuan yang diselenggarakan oleh Program Studi Sastra Inggris, UK Petra, untuk menjawab kebutuhan para peneliti akademia, pendidik, serta cendekia untuk membagikan hasil penelitian, pengalaman, serta pemahaman mereka yang meliputi penggunaan bahasa verbal serta visual di dalam hubungan antarorang, masyarakat, serta budaya.

LOOW 6 mengusung tema: The Fortitude.
Tujuan konferensi kali ini adalah menantang publik agar memiliki kekuatan mental serta emosional dalam menghadapi risiko serta permasalahan bahasa-bahasa online dan offline baik verbal maupun visual yang digunakan dalam bidang pendidikan, komunikasi bisnis, media, serta kajian budaya.

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai topik, isu, serta lainnya, klik di sini.

Sampai jumpa di LOOW 6!

Baca lebih lanjut >
02
Mei
2018
Pementasan Petra Little Theatre: Customer is King

Pementasan pertama Petra Little Theatre di tahun ini menampilkan karya Edwin Siongko Winarto (ECI 2014) di bawah program New Play Development, dengan arahan dari sutradara Hapsari Lily Dewanti (ECI 2014).

Ini adalah naskah pertama Edwin yang ditampilkan oleh PLT, dan karya kedua Lily setelah Listen to Me (2017).

Untuk ringkasan cerita, klik di sini.

Sampai ketemu tanggal 2-5 Mei!

Baca lebih lanjut >
30
Apr
2018
Pelatihan: Art of Clowning with International Master Clowns

Dua orang International Master Clowns akan mengajarkan seni, filosofi, serta teknik terkait clowning (badut) yang sangat berbeda dengan perspektif badut yang kita miliki selama ini.

Eksklusif untuk mahasiswa UK Petra! Tempat terbatas!

Baca lebih lanjut >
05
Apr
2018
Pelatihan Creative Lesson Planning

Robyn Marie Stewart (English Language Fellow, The Regional English Language Office of the U.S. Embassy) akan memberikan pelatihan selama 2,5 jam untuk creative lesson planning (rencana pembelajaran kreatif). Pelatihan istimewa ini akan membekali para peserta dengan pengetahuan dan keterampilan yang sangat bermanfaat bagi mereka. Peserta pelatihan ini bukan hanya dari mahasiswa E-Biz, tetapi juga dari para alumni dan guru dari sekolah-sekolah rekanan.

 

Robyn Stewart adalah seorang English Language Fellow di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya untuk tahun ajaran 2017-2018. Dia pernah bekerja sebagai guru, pembina guru dan moderator daring di Thailand, Malaysia, Turki dan Yordania. Robyn memiliki gelar Bachelor (setara S-1) di bidang Teater dan Bahasa Perancis, dan gelar Master di bidang Intercultural Communications dari New York University. Dia memegang sertifikasi CELTA dan DELTA. Robyn suka menggunakan latar belakang teaternya di dalam ruang kelas melalui permainan, alih peran, dan pertunjukan oleh para murid.

Baca lebih lanjut >
05
Des
2017
Pertunjukan teater: Overhead Projectplay

Mahasiswa kelas Theatrical Design bersama dengan Petra Little Theatre menampilkan pertunjukan wayang atas 4 cerita rakyat Indonesia dengan menggunakan OHP (overhead projector).


Penonton bisa menyaksikan cerita rakyat Indonesia disuguhkan dengan cara yang unik dan menarik. 

Baca lebih lanjut >
27
Okt
2017
Pelatihan Penerjemahan Karya Sastra bersama Lian Gouw

Empat belas mahasiswa Sastra Inggris/ECI terpilih mengikuti pelatihan penerjemahan karya sastra dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris selama satu hari penuh bersama dengan Ibu Lian Gouw, seorang penulis dan pemilik Penerbit Dalang yang berada di San Mateo, California.

Mereka mendalami prinsip-prinsip dasar penerjemahan karya sastra serta berbagai kesulitan dan kesalahan yang umumnya terjadi di dalam menerjemahkan suatu karya sastra. Terkesan dengan semangat serta kemampuan yang ditunjukkan para peserta, di akhir pelatihan Ibu Lian Gouw menawarkan kepada para peserta kesempatan untuk bekerja dengan beliau, melanjutkan proses penerjemahan karya yang digunakan dalam pelatihan ini hingga akhirnya siap dimuat di situs Penerbit Dalang bulan Februari 2018.

Baca lebih lanjut >
08
Agu
2017
Pesta Penyambutan

Halo, mahasiswa baru Sastra Inggris dan E-Crav angkatan 2017!

Kami mengadakan pesta untuk kalian supaya kita bisa saling mengenal dan kalian bisa cepat akrab dengan program studi kalian ini. Jadi, catat tanggalnya, siapkan baju warna-warni kesukaan kalian, dan sampai ketemu di gedung B kita tercinta!

Baca lebih lanjut >
21
Jul
2017
Saresehan Mahasiswa Baru

Prodi Sastra Inggris menyambut para mahasiswa baru angkatan 2017 bersama para orangtua mereka di acara perkenalan dan orientasi singkat tentang kegiatan akademik dan kemahasiswaan. Para mahasiswa dan orangtua mereka juga bisa berkenalan dengan para mahasiswa senior serta para dosen kami.

Baca lebih lanjut >
Menampilkan 1-20 dari 22 item.