02-044
Dosen
dewey@petra.ac.id

Dwi Setiawan, S.S., MA-ELT, Ph.D

Dwi Setiawan lulus dari Program Studi Sastra Inggris, Universitas Kristen Petra, Indonesia, pada tahun 2002. Setelah lulus mendapatkan beasiswa dari UBCHEA untuk melanjutkan studi di program MA-ELT, Assumption University of Thailand, dan menerima gelar Master pada tahun 2004. Pada akhir tahun 2005 mendapatkan beasiswa dari ADB untuk meningkatkan kemampuan professional di Australian College of English, Australia (sekarang Navitas English). Dia telah menyelasikan studi doktoral bidang adaptasi sastra ke film di De Montfort University, UK, dengan beasiswa dari DIKTI di tahun 2017.

Dwi mengajar beberapa mata kuliah di antaranya Basic Paradigm of Cultural Studies, Film Analysis, dan Writing. Selain mengajar, dia bekerja sebagai Sekretaris Jurusan Program Studi Sastra Inggris (2006-2009). Pada akhir tahun 2009 diangkat sebagai kepala Program Studi Sastra Inggris dan menyelesaikan tugasnya pada tahun 2013.
Dwi telah menulis dan menerjemahkan beberapa karya sastra dan akademik. Memiliki ketertarikan pada bidang adaptasi sastra pascakolonial ke film, Marxisme dan sastra, dan fungsi Bahasa Inggris di dunia.

Saat ini, Dwi menjabat sebagai Dekan Fakultas Sastra.

  • sejarah pendidikan
    Sastra Inggris (S1)
    Universitas Kristen Petra
    Lulus:2002
    English Language Teaching (S2)
    Assumption University of Thailand
    Lulus:2004
    Adaptation Studies (S3)
    De Montfort University
    Lulus:2017
  • konsentrasi penelitian

    1.    Research Area 1
    Adaptasi sastra pascakolonial ke film

    2.    Research Area 2
    Marxisme dan sastra

    3.    Research Area 3
    Fungsi Bahasa Inggris di dunia