Berita

Life Doesn’t Get Easier, Instead You Just Get Stronger

Blog Single

Anthony Carrissa Surja, wisudawan Program Studi Magister Teknik Sipil (MTS) berhasil menyelesaikan studinya dengan meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sebesar 4,00. Menjalani perkuliahan tingkat lanjut tidaklah mudah, apalagi jika menyangkut tentang manajemen waktu. “Banyak rekan saya yang karena kesibukan nya dengan pekerjaan, dan keluarga apalagi yang sudah punya anak sangat kesulitan untuk menyelesaikan tugas akhir. Tapi kita harus berani membuat keputusan dan mengorbankan waktu untuk menyelesaikan studi,” ucap Pria yang berprofesi sebagai pegawai swasta ini.

Tesisnya berjudul “Aplikasi Value Engineering pada Pemilihan Elemen Fasad”. “Saya mengangkat topik tersebut karena berkembangnya High Rise Building dan fasad bangunan dalam dunia konstruksi, serta biaya konstruksi fasad dalam desain dan pelaksanaan masih belum optimal,” jelas pria yang hobi bermain bulutangkis ini.

Bagi Anthony, sharing bersama dosen, menjalankan kerja kelompok atau kerja tugas bersama teman, dan juga belajar bersama teman-teman untuk mengikuti ujian adalah hal yang berkesan selama berkuliah di UK Petra.

Putra dari pasangan Ruddy S. dan Sianny S. ini menambahkan bahwa satu hari dalam seminggu atau sebulan khusus untuk mengerjakan thesis itu akan sangat membantu sekali daripada tidak mengerjakan sama sekali. “Menentukan prioritas dan disiplin untuk mengikutinya, intinya tergantung sekali kepada diri sendiri,” tambah Anthony.

Anak kedua dari tiga bersaudara ini mengakui bahwa mata kuliah S2 lebih dituntut ke aplikatif dan masalah di lapangan kerja. Hal tersebut berguna bagi yang sudah bekerja karena akan sangat lebih mudah memahami dan mengembangkan diri saat kegiatan belajar mengajar. Namun, bagi yang belum bekerja pun juga dapat memvisualisasikan diri dan menyiapkan teori-teori yang didapat untuk bekal dunia kerja nanti.

Kepada teman-teman wisudawan, Anthony meninggalkan sebuah pesan. “Life Doesn’t get easier, instead you just get stronger. Ingatlah bagaimana perjalanan hidup kita, dan mengapa kita memulai ini semua. Jika kita tidak menemukan alasan yang cukup kuat, paling tidak ingatlah luka-luka dan derita yang sudah kita alami untuk mencapai titik ini. Jangan berhenti, teruslah berjalan mengejar mimpi. Pasti akan sampai tujuan, cepat atau lambat,” pungkasnya. (Pat/dit)

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.